Daftar Isi Clicking Here!

Ad 468 X 60

Terlepas berhasil menjadi baik atau tidak itu urusan nanti, yang penting selalu berusaha baik !

Sabtu, 04 Agustus 2018

Widgets

Ada Apa dengan Ms. Excel?

       Saya tidak bisa komputer kok, ngapain belajar Ms. Excel? Saya sudah terbiasa Ms. Word apa perlunya Ms. Excel kan di Ms. Word juga ada tabelnya, dan sederet pertanyaan lainnya.
Baiklah akan saya uraikan pentingnya Ms. Office terkhusus Ms. Excel. Saat ini tidak ada yang tidak bisa, apalagi ilmu sudah bertebaran di dunia maya. Selama masih bisa dipelajari, maka sesuatu yang nampaknya mustahilpun setelah dicoba ternyata tidak serumit yang dibayangkan. Dulu yang namanya internet dianggap majhul atau makhluk langka oleh sebagian kalangan khususnya orang tua.  Tapi setelah android hadir, jangankan anak-anak, remaja bahkan nenek-nenekpun tidak jarang yang nongol di kios pulsa untuk membeli kuota internet. Jika kita merasa usia tua dan nampaknya tabu menyentuh laptop apalagi harus mengenal istilah dan aplikasi-aplikasi yang ada didalamnya, namun pada kenyataanya para Guru PNS setengah dipaksa untuk membuat laporan dalam bentuk digital.
Misalnya saja ada seorang guru yang tetap pada pendirian menjumlah dan merata-rata dengan manual pakai kalkulator menghabiskan waktu seharian untuk menghitung dan menuliskannya satu persatu. Namun ada guru yang lain yang cukup dengan memasukkan nilai saja dan begitu input nilai selesai, maka saat itu pula secara otomatis sudah terjumlah dan terrata-rata bahkan terrangking dalam hitungan menit, apalagi jika input datanya dibantu dibacakan orang lain. Walaupun sama-sama selesainya, jika dengan menguasai perangkat ini pekerjaan kita bisa menjadi lebih cepat dan hemat dari berbagai segi kenapa tidak? Atau misalkan kita seorang pedagang online, ingin semua pemasukan dan pengeluaran bahkan berapa keuntungan hasil penjualan hari ini, bulan ini, tahun ini langsung bisa diketahui. Atau terkadang dijadikan trik para programmer kreatif dalam membuat pengulangan banyak rumus yang hanya beda urut angka saja untuk efisiensi waktu.
Adapun Ms. Word memiliki kegunaan yang lain, walaupun ada tabelnya itu hanya sekedar pelengkap, tidak seleluasa Ms. Excel.
Maka MS. Excel media yang bukan hanya lekat dengan para akademisi, administrator namun juga para usahawan. Bahkan aplikasi yang canggih dan harganya mahal semisal Zahir-pun berkolaborasi dengan Excel dalam penggunaan rumus hitungnya dan hampir semua aplikasi desktop mesti ada export ke excel. Tersedia pula Excel dalam bentuk online antara lain produk andalan dan terkenal adalah google spreadsheet. Bahkan android pun tidak ketinggalan menyediakan aplikasi-aplikasi yang bisa membaca file office dari komputer antara lain WPS. 
Dengan kata lain kita sudah mengenal Ms. Excel sejak lama, namun hanya sebatas menulis dan menyimpan data biasa sebagaimana Ms. Word, hanya segelintir orang yang tahu rahasia dan keistimewaannya.
Dari uraian diatas, ada beberapa alasan mengapa kita perlu belajar Ms. Excel : 
  • Ms. Office perangkat yang sangat familier di banyak kalangan dan mudah digunakan.
  • Para penggunanya banyak sebanyak pengguna komputer atau laptop karena di situ ada komputer maka disitu pula ada Ms. Office.
  • Kaya dengan rumus hitung atau analisa, pengolahan angkapun bisa cepat dan akurat
  • Dilengkapi hitungan dalam bentuk grafik dan diagram
  • Mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1.048.576 baris dan 16.384 kolom dalam 1 sheet. 
  • Banyak digunakan oleh akademisi, akuntansi (olah data keuangan), pekerja kantor dalam membuat laporan.

    Read more » Rate this posting:
    {[["☆","★"]]}

    SHARE THIS POST   

    • Facebook
    • Twitter
    • Google Buzz
    Author: Abufajri
    Penulis Blog Kelas Pemula Tea. Read More →

    0 comments: