Daftar Isi Clicking Here!

Ad 468 X 60

Terlepas berhasil menjadi baik atau tidak itu urusan nanti, yang penting selalu berusaha baik !

Selasa, 02 April 2019

Widgets

Apa yang biasa kita ucapkan saat terpeleset atau kesandung ?

Jawaban dari teman-teman saya bermacam-macam, ada yang astaghfirullah, innalillah, dan lain-lain. Ada satu jawaban yang benar yaitu bismillah, dari teman yang mukim di Riyadh. Dia bilang, orang-orang Saudi apa-apa bilang bismillah. Dia tadinya heran, entah kejeduk atau kesandung mereka bilang bismillah, berbeda dengan orang Indonesia yang bilang astaghfirullah atau innalillah..

Lalu saya sampaikan satu hadist yang menjadi dasar bagi ucapan tersebut, yang lengkapnya sebagai berikut :

Dalam hadits Abul Malih, dari seorang shohabat yang sedang boncengan dengan Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam:

كُنْتُ رَدِيفَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَعَثَرَتْ دَابَّةٌ فَقُلْتُ تَعِسَ الشَّيْطَانُ فَقَالَ لَا تَقُلْ تَعِسَ الشَّيْطَانُ فَإِنَّكَ إِذَا قُلْتَ ذَلِكَ تَعَاظَمَ حَتَّى يَكُونَ مِثْلَ الْبَيْتِ وَيَقُولُ بِقُوَّتِي وَلَكِنْ قُلْ بِسْمِ اللَّهِ فَإِنَّكَ إِذَا قُلْتَ ذَلِكَ تَصَاغَرَ حَتَّى يَكُونَ مِثْلَ الذُّبَابِ

“Aku pernah boncengan bersama Nabi shallallohu alaihi wa sallam, lalu hewan tunggangan kami tersandung, akupun mengatakan: “celakalah setan!”. Maka Nabi shollallohu alaihi wa sallam berkata kepadaku: “jangan engkau katakan: ‘celakalah setan’, karena jika engkau mengucapkan itu maka setan itu akan semakin besar hingga besarnya seperti sebuah rumah dan setan akan berkata : ‘ini terjadi karena kekuatanku’, akan tetapi katakanlah: ‘bismillah’, karena jika engkau mengucapkan itu, setan akan mengecil sampai seperti lalat.”

[HR. Abu Dawud, Ahmad, an-Nasa’i, al-Hakim, dll.
Read more » Rate this posting:
{[["☆","★"]]}

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Buzz
Author: Abufajri
Penulis Blog Kelas Pemula Tea. Read More →

0 comments: